Wow..!! Ternyata Ini Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Ketika menjalani ibadah puasa biasanya dekat dengan masalah bau mulut. Tentu saja, berpuasa sejak subuh hingga magrib membuat tubuh tidak mengasup makanan dan minuman selama belasan jam. Karena itu jangan sampai menambah pemicu lainnya dengan makan makanan berbau menyengat seperti petai, jengkol dan duren.



Penyebab bau mulut saat puasa ternyata disebabkan kurangnya air liur di dalam mulut. Tanpa konsumsi makanan dan minuman secara teratur di siang hari, produksi air liur (saliva) di mulut akan berkurang.

Saliva merupakan pelembab mulut dan dapat melawan bakteri. Jika produksinya sedikit maka bakteri akan lebih mudah berkembang biak. Akibatnya, masalah bau mulut bisa muncul dengan mudah.

“Saat puasa produksi liur (saliva) akan berkurang sehingga bakteri dalam mulut akan lebih mudah berkembang, ini yang kadang menyebabkan mulut menjadi berbau,” ungkap Ahli Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Diah M. Utari kepada JawaPos.com, Sabtu (3/6).

Diah mengatakan, untuk mencegahnya seseorang saat puasa wajib menghindari makanan yang berbau tajam. Kemudian perbanyak makan buah saat sahur dan berbuka. Tak hanya puasa, saat tidak berpuasa saja, kurang minum bisa membuat masalah bau mulut.

Karena itu Diah mengingatkan untuk tetap berpedoman minunm air putih minimal delapan gelas sehari saat puasa. Ketika berbuka, seseorang bisa minum 2 gelas air putih secara bertahap, jangan langsung minum 2 gelas. Ketika malam, misalnya setelah tarawih minum lagi 4 gelas. Dan saat sahur, setidaknya minum 2 gelas.

Terakhir, kata Diah, rajin menggosok gigi selama puasa juga baik dilakukan. Setalah sahur sebaiknya jangan lupa untuk menggosok gigi, jangan langsung tidur.

“Gosok gigi setelah sahur dan akan tidur, dan pastikan tidak ada makanan tertinggal dalam mulut. Ketika wudu, kita bisa berkumur juga (tanpa diminum),” katanya. (cr1/JPG/hg)



sumber : http://hargo.co.id/berita/ternyata-ini-penyebab-bau-mulut-saat-puasa.html

Subscribe to receive free email updates: