Mana Yang Duluan, Ayam atau Telur ? Ini Jawabnya !!

Mana Yang  Duluan, Ayam atau Telur ? Ini Jawabnya !! - Para ilmuwan berhasil menjawab  salah satu tebak-tebakan tertua di dunia, mana yg lebih dulu, ayam atau telur?

Melalui komputer super, tim dari Universitas Sheffield & Warwick, Inggris  menemukan jawabannya. Apakah itu? Ayam.

Kepada laman Harian The Sun, ketua tim peneliti menjelaskan gimana mereka berhasil memecahkan teka-teki itu.

"Apa yg kami temukan ialah 'kecelakaan' yg menyenangkan. Awalnya, tujuan penelitian kami ialah menemukan gimana binatang membuatnya cangkang telur."

Menurutnya,  selama ini, masyarakat tlah menganggap remeh ayam. Kami tak menyadari proses luar biasa yg ditunjukan para ayam dalam proses pembuatan telur.

"Sadarkah Anda, ketika memecahkan kulit telur rebus di pagi hari, Anda sedang menyaksikan salah satu material luar biasa di dunia."

Cangkang telur mempunyai kekuatan amat luar biasa, meski beratnya amat ringan. Manusia tak bisa membuat benda seperti itu, bahkan yg mendekatinya.

"Masalahnya, kita tak tahu gimana ayam membuat cangkangnya."

Tim peneliti lalu memakai komputer super milik Dewan Riset Sains Inggris (UK Science Research Council) yg berbasis di Edinburgh. Komputer itu dinamakan HECToR (High End Computing Terascale Resource).

"Kami ingin menelusuri gimana telur terbentuk, dgn melihat proses detil telur secara mikroskopis."

Yang pertama dicari ialah, mengetahui 'resep' yg dipakai ayam untuk membuatnya cangkang telur.

"Dengan donasi komputer canggih, Kami memecahkan masalah ini selama berminggu-minggu. Sementara, ayam bisa menyusun cangkang itu hanya dalam semalam."

Lucunya, pemilihan cangkang telur ayam sebagai fokus penelitian benar-benar tak disengaja. Para peneliti memilih telur ayam lantaran proteinnya sederhana untuk ditelaah.

Namun hasilnya ternyata amat mengejutkan. "Kami memecahkan teka-teki sepanjang masa. Ini mengagumkan."

Hasilnya, ditemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam. Protein itu adalah adalah 'tukang bangunan' tanpa lelah, menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis membentuk cangkang telur.

Protein itu menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yg lain.

Tanpa protein pembangun itu, telur tak mungkin saja terbentuk. Dan, protein itu hanya ditemukan di rahim ayam. "Itu berati ayam ada duluan sebelum telur."

Tapi, dari mana ayam berasal?

Beberapa teori mengatakan, nenek moyang ayam menciptakan telur zaman Dinosaurus.

"Penemuan kami amat potensial. Sebab, cangkang telur dibentuk dari lumayan banyak kristal kecil. Kita bisa memakai informasi ini untuk mengetahui cara membuatnya & menghancurkan struktur kristal lainnya."

Sebagai contoh, untuk menghilangkan kerak di ceret maupun pipa.  Penelitian ini dan juga berimplikasi medis.

"Karena badan kita memakai metode yg sama untuk membuatnya gigi & tulang, kita  bisa belajar lebih lumayan banyak mengenai gimana membangun kembali tulang manusia."

Sumber : http://dunia.news.viva.co.id/news/read/164687-mana-duluan-ayam-atau-telur-ini-jawabnya

Subscribe to receive free email updates: