NAUDZUBILLAH !! Beginilah Posisi Orang Tidur yang Dilaknat Allah SWT, Justru Banyak Orang Melakukannya...

Tidur yaitu usaha untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian melakukan aktivitas. Umumnya anggota tubuh akan kembali segar sesudah terlelap waktu malam hari. Ternyata, dalam Islam tidur mempunyai ketentuan serta adab sendiri.


Rasulullah SAW menyarankan umatnya agar selalu menghadap ke kanan waktu akan tidur. Posisi tidur seperti ini tidak cuma sunnah, namun nyatanya memiliki manfaat bila dikaji dengan cara medis.
Kecuali posisi tidur yang disarankan, ada pula posisi tidur yang begitu dimurkai Allah SWT. Bahkan juga disebut-sebut bila posisi ini yaitu ciri penghuni neraka. Seperti apa posisi yang disebut? Itu penjelasannya.

Ternyata posisi yang dilarang serta dimurkai ini yakni posisi tengkurap. Hal sejenis ini diterangkan Rasulullah SAW dalam hadistnya waktu Beliau mendatangi satu masjid. Ia lihat seorang yang tinggal di masjid Nabawi tengah tidur tengkurap. Narasi yang diriwayatkan oleh Thakhfah Al-Ghifari RA salah seorang yang tinggal di masjid Nabawi berkata,

“Aku tidur di masjid pada akhir malam, lalu ada orang yang mendatangiku tengah saya tidur dengan posisi tengkurap. Laluberkata :

“Bangunlah dari tengkurapmu, karena tidur yang sekian yakni tidurnya beberapa orang yang dimurkai Allah. ” Lalu saya angkat kepalaku, jadi waktu kulihat ia yaitu
Rasulullah SAW, jadi akupun lalu bangkit. ” HR. Bukhari
Dalam cerita lain Rasulullah SAW menjelaskan bila posisi tidur tengkurap yaitu posisi tidurnya beberapa penghuni neraka. Hadist ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang artinya :
“Tidur tengkurap yaitu posisi tidurnya penghuni neraka. ” HR. Ibnu Majah
Allah SWT dan Rasulnya pasti akan tidak melarang satu hal hal apabila hal itu beresiko untuk manusia. Dengan cara medis, tidur dengan posisi tengkurap beresiko untuk badan sampai Allah SWT melarang, bahkan memurkai posisi ini.

“Tidaklah Allah memerintahkan satu hal terkecuali kepadanya ada beragam mashlahat yg tidak dapat di kenali secara menyeluruh” Risaalah fiil Qowaaidil fiqhiyah hal. 41, Maktabah Adwa’us salaf)
Nyatanya Pengetahuan kedokteran modern menunjukkan bila memanglah tidur tengkurap memang beresiko. Tidur ini dapat mengganggu pernapasan karena otot dada serta organ pernapasan tidak dapat bekerja optimal karena tehimpit. Dengan posisi itu dada akan jadi tertekan serta bikin nafas jadi sesak.


Selain segi pernapasan, tidur dengan posisi ini dapat juga menekan jantung. Dalam periode saat lama posisi seperti ini dapat membahayakan kesehatan jantung. Manfaat otak dapat juga terganggu dengan posisi ini. Pasalnya aliran darah yang membawa oksigen ke semua tubuh demikian halnya ke otak jadi terganggu karena terhimpitnya jantung tadi.

Karenanya, ikutilah jauhilah semua hal yang dilarang Allah. Karena sejatinya, Dia akan tidak melarang satu hal hal yang baik, tetapi larangan itu hanya hanya untuk kebaikan hamba-Nya. Allah yang memiliki alam semesta serta semua ilmu serta pengetahuan, tentu Dia lah yang lebih tahu. Wallahu alam.


sumber : http://islami-viasuara.blogspot.co.id/2017/03/naudzubillah-beginilah-posisi-orang.html

Subscribe to receive free email updates: