Mobil merupakan sebuah kendaraan transportasi yang kini sudah mendunia, bahkan bagi siapapun pasti membutuhkannya. Cobalah lihat keadaan di jalan raya: di mana-mana terdapat mobil yang berseliweran dengan berbagai merk dan tipe, mulai dari Nissan X-Trail mobil SUV tangguh dan sporty terbaik hingga mobil kesukaan keluarga yang berkompartemen besar.
Semakin berkembangnya era globalisasi, memang terdapat berbagai macam variasi dari produksi mobil tersebut. Dan yang sudah banyak diketahui bahwa produsen mobil terbesar di dunia yaitu Negara Jepang.
Namun banyak yang tidak mengetahuinya bahwa Indonesia juga memiliki produksi mobil yang kini sudah mendunia. Mobil Indonesia pun kini sudah banyak digunakan di Negara Negara tetangga bahkan Negara Eropa sana.
Saat ini sudah terdapat 5 variasi mobil Indonesia yang sudah mendunia serta harus dibanggakan, diantaranya :
Toyota
Mobil merek Toyota ini memang berasal dari Jepang, namun saat ini proses pembuatan dan perakitannya dilakukan di Indonesia. Mobil Indonesia bermerk Toyota ini mulai diluncurkan pada tanggal 9 Juni 1975 pada event pecan raya Jakarta 1975. Sampai saat ini Mobil Toyota yang memiliki mesin yang berkapasitas 1200 cc sudah mempunyai total penjualan 1 juta unit sejak awal peluncurannya. Mobil Indonesia ini sudah banyak memiliki variannya seperti Yaris, Agya, Avanza, Velor, Fortuner, dan lain lain. Dengan peluncuran mobil Toyota ini menjadi akar dari pertumbuhan produksi mobil Indonesia dan dilanjutkan dengan jenis jenis mobil lainnya.
Daihatsu
Sama seperti Toyota, Mobil Daihatsu ini berasal dari Jepang, tapi pada tahun 2011 Jepang menginvestasikan 20 Miliar Yen di Indonesia untuk membangun pabrik yang fungsinya untuk memproduksi mobil merk Daihatsu ini. Pabrik tersebut sudah mulai beroperasi sejak 2012 dan akan memproduksi 100.000 unit per tahunnya. Sekarang mobil Daihatsu sudah menjadi Mobil Indonesia juga karena Indonesia juga berperan penting dalam terkenalnya Mobil produksi Daihatsu ini. Mobil yang sudah dirakit di Indonesia meliputi model Xenia, Terios, dan GranMax.
Honda
Honda merupakan salahs atu produsen terbesar yang ada didunia dan saat ini sudah merakit sebagian besar Line upnya di Indonesia. Mobil Indonesia bermerk Honda ini telah membuat sebuah pabrik yang terdapat di Karawang. Di pabrik tersebut model model seperti Mobilio, HRV, Brio, dan Freed dirakit. Honda bahkan sudah memproduksi ratusan ribu unit Mobil yang akan diekspor ke Negara Negara tetangga.
Suzuki
Di Indonesia sendiri Mobil Suzuki ini terbilang mobil Indonesia yang harganya murah dan membuat banyak merk berlomba lomba untuk membuat pabrikdi Indonesia. Jenis jenis seperti Ertiga, Karimun Wagon R, dan Carry sudah dirakit di Indonesia.
Indonesia kini sudah menjadi pusat para produsen mobil untuk membuat titik terang untuk majunya produksi mobil tersebut. Dan Indonesia juga harus bisa menghasilkan mobil buatan sendiri dan menjadi mendunia.

sumber : http://www.dgspeak.com