LUAR BIASA...!!! 9 Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil dan Janin yang sering terlewatkan


Buah naga merupakan salah satu buah yang baik untuk di konsumsi bagi ibu ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya sangat dibutuhkan bumil dan untuk perkembangan janin. Buah ini berasal dari meksiko dan sudah banyak di budidayakan di beberapa Negara, salah satunya Indonesia.

Buah naga aman dari penggunaan pestisida karena kulitnya yang tebal, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kandungan Nutrisi


Kandungan nutrisi dalam 100 gram buah naga segar, rata-rata terkandung 60 kalori, lemak 1,5 gram, protein 2 gram, serat 1 gram, natrium (Na) 60 miligram, kalsium (Ca) 6,3 miligram, fosfor (P) 30,2 miligram, zat besi (Fe) 0,55 miligram, vitamin B3 0,297 miligram, vitamin C 8 miligram, dan karoten 0,005 miligram.

Manfaat

Dibawah ini adalah beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil dan janin :

1. Buah naga yang sudah matang dapat membantu mencegah dahak yang yang kerap terjadi pada wanita hamil.


2. Buah naga kaya akan kandungan vitamin C, karbohidrat, folates, karoten  yang sangat baik untuk ibu hamil. Folates diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Jika seorang ibu hamil kekurangan folates, dia mungkin memiliki bayi dengan cacat pada sistem saraf (otak) atau cacat tabung saraf (Neural Tube Deffect).

3. Selain itu juga mengandung serat yang tinggi yang dapat mencegah sembelit, dan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia bagi ibu hamil.

4. Vitamin B3 (asam folat) yang terdapat dalam buah naga membantu pembentukan dan perkembangan sistem saraf tulang belakang

5. Kandungan kalsiumnya bermanfaat menunjang pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Selamat menambahkan buah naga dalam menu selada kesukaan Anda.

6. Karbohidrat dalam buah naga memberikan energi yang penting untuk semua orang, tetapi sangat bermanfaat untuk ibu hamil yang sedang berjuang melawan kelelahan.

7. Protein, zat besi dan potassium adalah nutrisi yang membantu tubuh untuk meningkatkan ketahanan terhadap penyakit.

8. Mengandung zat fitokimia. Zat yang membuat  warna-warna pada buah yang berfungsi juga sebagai anti antioksidan dan melawan penyakit.

9. Mengandung Vitamin B1 yang diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu pertumbuhan janin, melancarkan pencernaan, penyerapan protein, membantu untuk perubahan karbohidrat menjadi energi, serta membantu fungsi saraf.

Itulah 9 manfat buah naga bagi ibu hamil dan janin. Untuk menikmati buah ini bisa dengan cara dipotong kecil kecil seperti cemilan dan bisa dicampur dengan susu atau dijadikan es buah.

Sumber referensi :

http://www.mindtalk.com/FRUITS#!/post/501a5470f7b7304d3c001051 diakses tanggal 21 juli 2014
http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/kehamilan/tanya.jawab/khasiat.buah.naga.untuk.ibu.hamil/001/006/372/1/1 diakses tanggal 21 juli 2014
http://www.sunpride.co.id/produk2/7-buah-terbaik-untuk-wanita-hamil-2/ diakses tanggal 21 juli 2014

Subscribe to receive free email updates: