TERNYATA INI...!! Kamu Merasa Waktu Berjalan Begitu Cepat? Hindarilah 10 Kegiatan yang Hanya Membuang Waktu



Kamu selalu merasa bahwa waktu berjalan begitu cepat, padahal kamu belum melakukan segala sesuatu secara maksimal. Dalam sehari, manusia memiliki waktu yang sama yakni 24 jam dalam 1 hari. Jika kamu merasa masih kurang, mungkin kamu belum memanfaatkannya dengan optimal.

Bisa jadi tanpa kamu sadari, kamu telah melakukan kegiatan yang membuang-buang waktu. Kebiasaan-kebiasaan ini membuat waktu berharga terbuang sia-sia. Agar kamu bisa memanfaatkan waktu dengan maksimal, sebaiknya kamu menghindari kebiasaan ini.

MENGHABISKAN WAKTU LUANG YANG SANGAT SEDIKIT DENGAN MENONTON TV

Penyebab yang paling sering membuat waktu seseorang jadi terbuang percuma ialah terlalu banyak menonton televisi. Ya, memang di dalam televisi banyak sekali hiburan yang disuguhkan, tetapi kebanyakan isinya adalah sesuatu yang tidak mendidik dan bermanfaat. Sebagian besar acara televisi didominasi oleh sinetron, reality show, talkshow, dan drama.

Daripada membuang waktumu menonton televisi, lebih baik gunakan internet sebagai media penghiburmu. Menjelajah internet kita bisa mendapatkan banyak hal, tidak hanya hiburan, tetapi pengetahuan-pengetahuanbaru yang bersumber dari artikel, gambar, maupun video. Tapi ingat, gunakan internet dengan bijak ya!

EDITORS' PICKS

Buat Kamu yang Gak Pernah Liburan, Ini 8 Alasan Kenapa Liburan Bikin Kamu Lebih Bahagia
Berhentilah Mencibir Orang Lain, Kamu Tidak Pernah Tahu Penderitaan Apa Saja yang Telah Dilaluinya
Berhentilah Mengecilkan Diri Sendiri, Sebenarnya Kamu Pemberani Asal Jangan Melakukan 6 Hal Ini
Rekan Satu Kantor Tidak Suka Kepadamu, Beginilah 5 Cara Cara Santai Menghadapinya

MEMAKSA MENANG DALAM SETIAP DEBAT, WAKTUMU HANYA TERBUANG UNTUK KEGIATAN TIDAK PENTING

Kamu selalu memaksakan diri untuk menang dalam setiap perdebatan. Sifat egois dan keras kepalamu akhirnya malah membuang-buang waktu. Setelah menang perasaan apa yang kamu dapat? Hanya puas saja bukan? Percuma jika kamu bahagia tetapi orang-orang di sekitarmu malah kesal atau tidak merasa bahagia atas kemenangan yang kamu peroleh. Kurangi sedikit ego, dan coba menerima pendapat orang lain. Mendengarkan pendapat orang lain akan membantumu mendapat pengetahuan baru.

MELAKUKAN PEKERJAAN YANG TIDAK KAMU SUKAI ATAU TIDAK SESUAI PASSION KAMU

Membuang waktu yang paling efektif adalah dengan melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai tapi tetap dikerjakan. Kamu mengerjakan pekerjaan tersebut hanya untuk membahagiakan orang lain, dan mengabaikan kebahgiaan dirimu sendiri. Hidupmu tidak bermakna karena melakukan semuanya serba terpaksa. Belajarlah menolak berbagai permintaan yang tidak kamu sukai. Berikan mereka pengertian yang baik mengapa kamu sampai menolak permintaan mereka, dengan begitu mereka akan lebih memahami kamu dan kamu pun bisa berhenti membuang-buang waktu. Orang sukses adalah orang yang mengatakan “tidak” terhadap hampir semua tawaran.

SELALU MENGELUH DENGAN PERUBAHAN YANG TERJADI DALAM HIDUPMU

Kebiasaan sering mengeluh tanpa kamu sadari telah membuang banyak waktumu. Ketika mengeluh, perasaan memang jadi lega. Tetapi kalau keseringan mengeluh tentang perubahan yang terjadi dalam hidupmu, itu sama sekali tidak ada manfaatnya. Lima menit waktu yang kamu pakai untuk mengeluh dama dengan 5 menit kamu membuang waktumu untuk bersyukur.

TERLALU BANYAK AKTIF DI SOSIAL MEDIA

Dunia yang serba internet seperti sekarang ini, mengakses media sosial jadi lebih gampang. Didukung dengan sinyal yang kencang, kegiatan pamer di sosmed jadi lebih asyik. Tapi, secara tidak sadar banyak waktu yang telah terbuang karena terlalu sering aktif di media sosial. Kalau untuk urusan bisnis atau pekerjaan tidak masalah, tetapi jika hanya untuk menunjukan eksistensi itu kegiatan yang tidak terlalu bermanfaat. Lihat saja, apa yang kamu dapatkan setelah update status? Kebahagiaan? Jempol? Love? Komentar? Coba deh kegiatan update sosmed itu kamu alihkan dengan melakukan pekerjaan yang bermanfaat, kamu pun akan mendapatkan manfaat yang lebih berguna juga.

KAMU BERPURA-PURA BERGAUL DAN MENYUKAI ORANG-ORANG YANG ADA DI SEKITARMU

Buat apa membuang waktumu percuma hanya untuk bergaul dengan orang-orang yang sebenarnya tidak kamu suka? Hidupmu terlalu singkat untuk dihabiskan hanya untuk berteman dengan ornag yang tidak memberi manfaat pada hidupmu. Alhasil, waktumu hanya terpakai sia-sia untuk menyenangkan orang lain. Untuk membuat orang suka akan keberadaanmu. Ujungnya kamu akan lelah karena berusaha membuat orang-orang untuk menyukaimu dengan susah payah. Hingga pada akhirnya,kamu jadi kehilangan diri sendiri.

MEMBUAT MASALAH YANG DIBUAT-BUAT

Seseorang biasanya akan menciptakan masalah palsu atau yang dibuat-buat untuk menghindari masalah lainnya. Hal ini malah berbahaya dan cuma membuang-buang waktu saja. Ada baiknya, jika kamu mempunyai masalah, hadapilah dengan berani dengan tubuh yang tegap. Masalahmu tidak akan selesai jika terus menghindarinya. Kalaupun ada resiko hadapilah! Setidaknya hatimu akan lebih tenang karena telah menghadapi satu permasalahan yang selama ini menggentayangimu.

TERLALU BANYAK MEMBICARAKAN KEBURUKAN ORANG LAIN

Mengobrol selama itu bermanfaat dan menambah pengetahuan sih tidak masalah, malah dianjurkan agar kamu semakin pintar. Tapi jika ujungnya kamu malah membicarakan keburukan orang lain dan obrolan-obrolan yang gak jelas, lebih baik tinggalkan atau diam. Membicarakan sesuatu yang jelek tentang orang lain tidak akan memberi manfaat apapun untukmu.  Sama saja kamu membuang waktumu yang berharga. Coba bayangkan efek tidak bergosip, pekerjaanmu akan selesai lebih cepat. Jika pekerjaan selesai lebih cepat, waktu bersantai yang lebih lama pun bisa kamu dapatkan.

Daripada kamu menyakiti hati orang dengan menggosipkannya, lebih baik ubah kebiasaan itu menjadi sesuatu yang bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: