Mau Sehat Setiap Hari...? Konsumsi Buah Apel setiap hari ternyata Hasilnya...WOW..!!!



tahu nggak sih, ternyata makan apel setiap hari bermanfaat untuk kesehatan tubuh loh. Makanya ada pepatah kesehatan kuno yang menyebutkan, 'An apple a day keeps the doctor away'. Wah, bener nggak tuh, Sob?

Sebutir apel ukuran sedang mengandung 116 kalori. Sedikit banget kandungan protein maupun lemaknya dan kaya akan serat, vitamin, mineral, serta vitamin C.

Berikut ini manfaat yang bisa kamu peroleh dengan makan apel setiap hari.

1. Melangsingkan tubuh

Nggak usah diet yang aneh-aneh untuk bikin tubuh ideal, Sob. Cukup atur pola makan, bisa dengan menambahkan menu buah apel setiap hari. Apel yang kaya serat bisa membuat perut kenyang lebih lama. Di dalam kulit apel juga terkandung zat yang membantu mengurangi risiko obesitas, memperbanyak pembakaran kalori, dan meningkatkan kekuatan otot.

2. Mengatasi flu

Selain kaya serat, apel juga kaya vitamin C yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Apalagi saat kamu sedang terserang flu.

3. Menurunkan kolesterol

Serat larut pektin pada apel bisa mencegah menumpuknya kolesterol pada dinding pembuluh darah, sehingga menurunkan pula resiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah, aterosklerosis, dan penyakit jantung.

4. Mencegah darah tinggi

Darah tinggi alias hipertensi bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius seperti stroke. Hal ini bisa dicegah dengan makan apel yang kaya kalium (potassium), mineral yang membantu mengontrol tekanan darah.

5. Mencegah kanker kolon

Serat alami pada apel yang terfermentasi di kolon (usus besar) bisa menghasilkan zat kimia yang bisa melawan terbentuknya sel kanker.


6. Menurunkan resiko asma

Menurut penelitian di Universitas Aberdeen di Inggris, makan makanan yang kaya anti-oksidan dan vitamin bagus untuk penderita asma. Dr. Peter Burney yang memimpin penelitian mengatakan bahwa flavonoid dan asam fenolik pada apel bisa meringankan peradangan di saluran pernapasan, sehingga anak-anak yang rajin minum jus apel gejala serangan asmanya menjadi berkurang.

7. Melindungi tulang

Zat flavonoid yang hanya terdapat pada apel yaitu phloridzin bisa mencegah osteoporosis pada wanita yang mengalami post-menopause. Bahkan mengonsumsi apel bisa membantu meningkatkan massa jenis tulang. Boron, zat lain yang juga ada pada apel bisa menguatkan tulang.

8. Mencegah penyakit Alzheimer

Quercetin pada apel menjadi antioksidan yang bisa mencegah penurunan fungsi otak. Flavonoid pada apel juga bisa menguatkan fungsi-fungsi saraf pada otak.

Tapi nih, Sob, untuk beberapa orang yang tidak terbiasa makan makanan kaya serat, akan merasa kembung saat memulai makan apel setiap hari. Kalau mengalami masalah seperti ini, sebaiknya mulai membiasakan makan apel tidak langsung setiap hati, tetapi bertahap. Perbanyak minum air putih agar serat bisa lewat dengan lancar pada saluran pencernaan.

Apel juga menjadi buah yang paling banyak tercemar pestisida. Cara untuk menyiasatinya adalah dengan membeli apel organik, meskipun harganya sudah pasti lebih mahal.

Semoga bermanfaat.


Referensi: dari berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates: