Tips mengatasi wastafel mampet dengan Mudah dan Bisa dikerjakan sendiri



Wastafel mampet merupakan problem yang umum terjadi di dapur dan kamar mandi akibat sumbatan. Simak langkah penanganan dan pencegahannya dalam artikel ini.


Menuangkan bubuk soda kue dan cuka ke dalam saluran air pada wastafel mampet dapat membantu menghancurkan sumbatannya. Jika cara ini gagal, keluarkan alat andalan: tongkat penyedot!

Poin-poin kunci:

Gunakan air mendidih asalkan pipa saluran pembuangan air wastafel Anda terbuat dari logam

Pakai tongkat penyedot wastafel, bukan tongkat penyedot WC yang berukuran besar

Coba produk yang dijual di pasaran dengan mengikuti petunjuk pemakaian pada kemasannya

Entah di dapur atau di kamar mandi, wastafel mampet merupakan salah satu masalah yang paling menyebalkan di rumah. Meskipun begitu, masalah ini bisa diatasi secara mudah dengan bantuan beberapa produk rumah tangga dan cara yang tepat.


Menggunakan air mendidih untuk mengatasi wastafel mampet

PENTING: Hanya tuangkan air mendidih ke dalam saluran air jika pipa wastafel Anda terbuat dari logam. Suhu tinggi berisiko merusak pipa plastik PVC.

Didihkan satu panci air, lalu secara perlahan tuangkan langsung ke saluran yang tersumbat. Hati-hati melakukan langkah ini karena Anda berurusan dengan air panas.

Ulangi beberapa kali hingga sumber penyumbatnya larut. Metode ini sering kali cukup ampuh untuk menangani sumbatan yang tidak membandel, misalnya karena tumpukan lemak padat, rambut, dan endapan sabun.

Menggunakan tongkat penyedot untuk mengatasi wastafel mampet

Pastikan Anda memiliki tipe tongkat penyedot yang tepat untuk wastafel. Sebaiknya pilih tongkat penyedot wastafel yang memiliki mangkuk karet berukuran lebih kecil daripada mangkuk karet pada tongkat penyedot toilet.

Oleskan gel pada mulut mangkuk karet untuk mendapatkan kekedapan yang lebih baik.

Isi wastafel dengan air secukupnya atau kurang lebih setinggi mangkuk karet penyedot.

Telungkupkan mangkuk penyedot pada lubang saluran air.

Pompa tongkat penyedot secara cepat dengan gerakan naik turun berulang kali, lalu tarik kuat-kuat. Air seharusnya meluber keluar dari dalam saluran air.

Ulangi cara ini beberapa kali sampai penyumbatnya hilang.


Semoga bermangfaat

Subscribe to receive free email updates: